Temukan Solusi Terbaik Dalam Pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa Dalam Kegiatan FGD

7/21/2022 12:20:17 PM

            Dalam rangka memberikan dukungan yang memadai kepada SDM Pengelola PBJ agar dapat menjalankan tugas lebih baik dan terhindar dari risiko yang seharusnya tidak perlu muncul, Biro Manajemen Barang Milik Negara dan Pengadaan melaksanakan kegiatan Focus Group Discussion tentang Mencari Solusi Terbaik Pengadaan Barang/Jasa Rutin UKPBJ Kementerian Keuangan yang dilaksanakan melalui daring pada Selasa (12/07). Kegiatan ini dibuka oleh Edy Gunawan selaku Kepala Biro Manajemen BMN dan Pengadaan dan dihadiri oleh 500 peserta yang terdiri dari perwakilan dari Bagian Umum/Perlengkapan dan Keuangan Unit Eselon I yang memiliki tugas dan fungsi berkaitan dengan PBJ. Pelaksanaan FGD ini menghadirkan beberapa narasumber yang kompeten untuk memaparkan materi dari LKPP (Dir. Pengembangan Kebijakan Umum LKPP dan Dir. Advokasi Pemerintah Pusat LKPP) dan DJA (Dir.Sistem Penganggaran).

            Kegiatan FGD ini dilaksanakan untuk mencari solusi terbaik dengan pembayaran dalam masa kontrak, memberikan dukungan dan landasan yang memadai bagi SDM Pengelola PBJ agar dapat menjalankan tugas dengan lebih baik, serta menyamakan persepsi  dan mewadahi penyampaian aspirasi atas ketentuan PBJ yang berpotensi menimbulkan penafsiran yang berbeda oleh stakeholder terkait.

            “Kementerian Keuangan selaku prime mover di bidang pengadaan barang/jasa pemerintah, kiranya harus terus melakukan pembinaan dan inovasi agar pelaksanaan pengadaan memiliki value for money, sesuai dengan prinsip dan etika pengadaan tanpa mengabaikan governance yang baik serta sesuai dengan regulasi yang berlaku. Berkaca dari hal tersebut, maka perlu adanya Focus Group Discussion sebagai salah satu bagian dari peran Kami (Biro Manajemen BMN dan Pengadaan) sebagai pembina pengadaan barang/jasa di lingkungan Kementerian Keuangan,” ujar Edy dalam sambutannya.

            Diskusi yang dilakukan dalam FGD ini berfokus pada beberapa poin pokok bahasan yaitu mengenai pendalaman kelebihan/kekurangan Kontrak Tahun Jamak, analisa perlu/tidaknya pembayaran sekaligus di muka untuk layanan pemenuhan kebutuhan selama masa kontrak, pendalaman terkait regulasi PBJ, anggaran dan perubahan harga satuan.

            Dengan terlaksananya kegiatan ini diharapkan dapat menyatukan presepsi para pengelola Pengadaan Barang/Jasa sehingga dapat membantu dalam pelaksanaan tugas pada unit masing-masing.


Eselon I Kementerian Keuangan